RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)
Nama Madrasah                   : MTs Negeri Kudus
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                      :  VII/I
Alokasi Waktu                       :  6 x 40’ ( 3 x pertemuan )

 

I.     Standar Kompetensi    :   1.Melaksanakan ketentuan thaharah (Bersuci)
II.    Kompetensi dasar         : 1.1. Menjelaskan macam-macam najis dan tata cara taharahnya

 

III.  Indikator                       :  1.1.1 Menjelaskan pengertian taharah
1.1.2. .Menjelaskan kegunaan taharah
1.1.3.  Menunjukkan dalil taharah
1.1.4.  Menjelaskan pengertian najis
1.1.5.  Menjelaskan macam najis
1.1.6.  Melafalkan dalil tentang najis
1.1.7.  Menjelaskan pengertian kotoran
1.1.8.  Menjelaskan perbedaan najis dan kotoran
1.1.9.  Menjelaskan macam-macam alat yang dapat digunakan untuk bersuci
1.1.10. Menjelaskan macam-macam air
1.1.11. Menjelaskan tata cara bersuci dari najis

 

IV.  Materi pembelajaran     :  Najis dan tata cara taharahnya
V.   Metode Pembelajaran    :  Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
VI.  Tujuan Pembelajaran   :  Pada  akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
       Menjelaskan pengertian taharah
       Menjelaskan kegunaan taharah
       Menunjukkan dalil tentang taharah
       Menjelaskan pengertian najis
       Menjelaskan macam-macam najis
       Melafalkan dalil tentang najis
       Menjelaskan pengertian kotoran
       Menjelaskan perbedaan najis dan kotoran
       Menjelaskan macam-macam alat yang dapat digunakan untuk bersuci
       Menjelaskan macam-macam air
       Menjelaskan tatacara bersuci dari Najis
VII. Kegiatan Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
  1. Kegiatan Pendahuluan:
       Memberi salam
       Menyapa dan mengabsen siswa
       Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan
  1. Kegiatan inti:
     Guru menjelaskan pegertian taharah serta kegunaan taharah
     Guru menunjukkan dalil tentang taharah
     Guru membimbing siswa melafalkan dalil tentang taharah
     Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk melafalkan dalil tentang taharah
  1. Penutup:
     Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
     Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
     Salam Penutup
PERTEMUAN KEDUA
a.       Kegiatan pendahuluan :
     Memberi salam
     Menyapa dan mengabsen siswa
     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan
b.       Kegiatan inti:
     Guru menjelaskan pengertian najis, serta macam-macam najis.
     Menunjukkkan dalil tentang najis dan siswa melafalkan bersama-sama
     Menjelaskan pengertian kotoran serta mengidentifikasi perbedaan najis dengan kotoran
c.       Penutup          :
     Menyimpulkan materi yang telah dibahas
     Salam penutup

 

PERTEMUAN KETIGA
a.       Kegiatan pendahuluan :
     Memberi salam
     Menyapa dan mengabsen siswa
     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan
b.       Kegiatan inti:
      Guru menjelasklan macam-macam alat yang digunakan untuk bersuci
      Menjelaskan macam-macam air untuk bersuci
      Menjelaskan tatacara bersuci dari najis
c.       Penutup :
     Menyimpulkan materi yang telah dibahas
     Salam penutup

 

VIII. Penilaian
Teknik                     : Tes tertulis
Bentuk                    : Essay
Instrumen               : 1. Jelaskan pengertian najis menurut syara’ Islam !
2. Jelaskan macam-macam najis!
3. Sebutkan contoh air mutlak !
IX.   Sumber/Bahan :
Sulaiman Rosyid, (1986), Fiqih Ibadah,  Jakarta, Jimbatan
Tim Jannatika (2007) Fiqih kelas VII, Semarang, Aneka Ilmu.
T Ibrahim- Darsono (2008) Penerapan Fikih VII, Solo,Tiga Serangkai

 

Mengetahui
Kepala Mts Negeri Kudus
Drs.H.Nur Salim
NIP. 195608201983031003
Kudus, 20 Juli 2010
              Guru Mata Pelajaran Fikih

 

Noor Sa’diyah,S.Ag
NIP. 197306092007102003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)

 

Nama Madrasah                   : MTs N Kudus
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                      :  VII/I
Alokasi Waktu                       :  6 x 40’ ( 3 x pertemuan )

 

I.     Standar Kompetensi      :   1.Melaksanakan ketentuan thaharah (Bersuci)
II.    Kompetensi dasar         : 1.2. Menjelaskan hadas kecil dan tata cara taharahnya

 

III.  Indikator                       : 1.2.1. Menjelaskan pengertian hadas kecil
1.2.2. .Menjelaskan sebab-sebab hadas kecil
1.2.3.  Menjelasakan pengertian wudhu
1.2.4.  Menunjukkan dalil tentang wudhu
1.2.5.  Menjelaskan syarat wudhu
1.2.6.  Menjelaskan rukun wudhu
1.2.7.  Menjelaskan sunah wudhu
1.2.8.  Menjelaskan hal-hal yang membatalkan wudhu
1.2.9.  Menjelaskan pengertian tayamum
1.2.10. Menjelaskan sebab-sebab tayamum
1.2.11. Menjelaskan syarat-syarat tayamum
1.2.12. Menjelaskan rukun tayamum
1.2.13. Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayamum
IV.  Materi pembelajaran     :  Hadas kecil  dan tata cara taharahnya

 

V.   Metode Pembelajaran    :  Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
VI.  Tujuan Pembelajaran   :  Pada  akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
       Menjelaskan pengertian hadas kecil
       Menjelaskan sebab-sebab hadas kecil
       Menjelaskan pengertian wudhu
       Menunjukkan dalil tentang wudhu
       Menjelaskan syarat wudhu
       Menjelaskan rukun wudhu
       Menjelaskan sunah wudhu
       Menjelaskan hal-hal yang membatalkan wudhu
       Menjelaskan pengertian tayamum
       Menjelaskan sebab-sebab tayamum
       Menjelaskan sebab-sebab tayamum
       Menjelaskan rukun tayamum
       Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayamum

 

VII. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
a.       Kegiatan Pendahuluan :
       Salam Pembukaan : Assalamu’alaikum Wr.Wb
       Menyapa dan mengabsen siswa
       Apersepsi : Apakah kalian sudah melaksanakan wudhu? bagaimana wudhu yang benar?
b.      Kegiatan Inti :
     Guru membantu siswa mengidentifikasi pengertian hadas kecil
     Mengidentifikasi Sebab-sebab hadas kecil
     Tanya jawab dengan siswa mengenai materi yang belum dipahami
     Guru merespon apa yang ditanyakan siswa

 

c.       Penutup :
     Menyimpulkan materi yang telah dibahas
     Refeksi : Coba sebutkan sebab-sebab hadas kecil!
     Salam Penutup : Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
PERTEMUAN KEDUA
a.       Kegiatan pendahuluan :
     Memberi salam
     Menyapa dan mengabsen siswa
     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan
b.      Kegiatan inti:
      Guru menjelaskan pengertian wudhu.
      Membacakan dalil tentang wudhu
      Menyuruh siswa membacakan dalil wudhu bersama-sama
      Mengidentifikasi syarat, rukun, sunah dan hal-hal yang membatalkan wudhu
      Melakukan Tanya jawab tentang materi yang dibahas
c.       Penutup :
     Menyimpulksan materi yang telah dibahas
     Tugas rumah
     Salam penutup

 

PERTEMUAN KETIGA
a.       Kegiatan pendahuluan :
     Memberi salam
     Menyapa dan mengabsen siswa
     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan
b.      Kegiatan ini :
     Guru menjelaskan pengertian tayamum
     Mengidentifikasi syarat, rukun, sunah dan hal-hal yang membatalkan tayamum
     Tanya jawab dengan siswa mengenai materi yang belum dipahami
     Guru merespon apa yang ditanyakan siswa
c.       Penutup
      Menyimpulkan materi yang telah dibahas
      Salam penutup

 

VIII. Penilaian
Teknik                     : Tes tertulis dan tes lisan
Bentuk                    : Essay
Instrumen               : 1. Jelaskan pengertian hadas kecil!
2. Sebutkan sebab-sebab hadas kecil!
3. Sebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu!
4. Sebutkan syarat-syarat tayamum!
IX.   Sumber/Bahan :
Sulaiman Rosyid, (1986), Fiqih Ibadah,  Jakarta, Jimbatan
Tim Jannatika (2007) Fiqih kelas VII, Semarang, Aneka Ilmu.
Sutrisno (2004), Buku Paket Fikih MTs Kelas VII, Yogyakarta.
T Ibrahim- Darsono (2008) Penerapan Fikih VII, Solo,Tiga Serangkai

 

Mengetahui
Kepala Mts Negeri Kudus
Drs.H.Nur Salim
NIP. 195608201983031003
Kudus, 20 Juli 2010
              Guru Mata Pelajaran Fikih

 

Noor Sa’diyah,S.Ag
NIP. 197306092007102003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

 

Nama Madrasah                   : MTs N Kudus
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                      :  VII/I
Alokasi Waktu                       :  4 x 40’ ( 2 x pertemuan )

 

I.     Standar Kompetensi      :   2. Melaksanakan tata cara shalat fardhu dan sujud sahwi
II.    Kompetensi dasar         : 2.1. Menjelaskan tata cara shalat lima waktu
III.  Indikator                        : 2.1.1. Menjelaskan pengertian shalat
2.1.2. Menunjukkan dalil diwajibkannya shalat lima waktu
2.1.3. Menjelaskan syarat wajib shalat
2.1.4. Menjelaskan syarat sah shalat
2.1.5. Menjelaskan rukun shalat
2.1.6. Menjelaskan sunah shalat
2.1.7. Menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat

 

IV.  Materi pembelajaran     : Shalat lima waktua.
V.   Metode Pembelajaran    : Ceramah/penugasan
VI.  Tujuan Pembelajaran   : Pada  akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
       Menjelaskan pengertian shalat
       Menunjukkan dalil diwajibkannya shalat
       Menjelaskan syarat wajib shalat
       Menjelaskan syarat sah shalat
       Menjelaskan rukun shalat
       Menjelaskan sunah shalat
       Menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat
VII. Kegiatan Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
a.       Kegiatan Pendahuluan :
          Salam Pembukaan
          Menyapa dan mengabsen siswa
          Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan
b.      Kegiatan Inti :
          Guru menjelaskan tentang pengertian shalat
          Guru menjelaskan dalil tentang diwajibkannya shalat lima waktu
          Guru menyuruh siswa membaca dalil shalat secara bersama-sama
          Tanya jawab dengan siswa tentang materi yang belum dipahami
          Guru merespon apa yang ditanyakan siswa
c.       Kegiatan Penutup :
          Guru menyimpulkan materi yang dibahas
          Salam Penutup
PERTEMUAN KEDUA
a.       Kegiatan pendahuluan :
          Memberi salam dan menyapa siswa
          Mengabsen siswa
          Brainstorming menanyakan tentang berbagai hal yang berkaitan shalat
b.      Kegiatan inti:
          Guru menjelaskan tentang syarat wajib dan syarat sah shalat
          Guru menjelaskan tentang rukun, sunah shalat serta hal-hal yang membatalkan shalat
          Membuka dialog dengan siswa tentang materi dibahas dan belum dipahami
c.       Kegiatan Penutup :
          Guru menyimpulkan materi yang telah dibahas
          Guru memberikan tugas rumah
          Salam penutup

 

VIII. Penilaian
Teknik                     : Tes tertulis dan tes lisan
Bentuk                    : Essay/Uraian
Instrumen               : 1. Sebutkan rukun shalat !
2. Sebutkan hal-hal yang membatalkan shalat !
3. Lafalkan dalil tentang wajib shalat !
IX.   Sumber/Bahan :
Sulaiman Rosyid, (1986), Fiqih Ibadah,  Jakarta, Jimbatan
Tim Jannatika (2007) Fiqih kelas VII, Semarang, Aneka Ilmu.
Sutrisno (2004), Buku Paket Fikih MTs Kelas VII, Yogyakarta.
T Ibrahim – Darsono (2008), penerapan fikih kelas VII, Solo, Tiga Serangkai

 

Mengetahui
Kepala Mts Negeri Kudus
Drs.H.Nur Salim
NIP. 195608201983031003
Kudus, 20 Juli 2010
              Guru Mata Pelajaran Fikih
Noor Sa’diyah,S.Ag
NIP. 197306092007102003

Incoming search terms: