RPP SENI BUDAYA (1) Kls. X SMK/MK
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Sub Mata Pelajaran : Teater )
Kelas / Semester: X(sepuluh) / 1(satu)
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 45 Menit
Pertemuan Ke : 1(satu)

  1. Standar Kompetensi
    Mengapresiasi karya seni teater
  2. Kompetensi Dasar
    Keserasian dalam pementasan teater dijelaskan sesuai dengan unsur-unsur pembentukan seni teater
  3. Indikator
    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater
  4. Tujuan Pemelajaran :
    Memahami konsep dasar teater
  5. Materi Ajar :
    Arti seni teater terbagi menjadi 2 (dua) yaitu :

    1. Dalam arti luas, teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan didepan orang banyak, misalnya wayang orang, ketoprak, ludrug, dsb.
    2. Dalam arti sempit, teater ialah drama kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan diatas pentas, disaksikan oleh orang bayak dengan media percakapan, gerak dan laku, dengan atau tanpa dekor, didasarkan pada naskah yang tertulis dengan atau tanpa musik, nyanyian, tarian

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

  1. Metode Pembelajaran :
    Tanya jawab , Pemberian tugas , Diskusi
    Guru menjelaskan, menerangkan, dan menyimpulkan materi ajar.
    Siswa mencatat, bertanya, dan mengerjakan tugas sesuai dengan materi ajar yang diberikan oleh guru.
  2. Langkah-langkah Pembelajaran :
    1. Kegiatan Awal :
      Guru memberikan pertanyaan / pre test kepada siswa seputar materi teater yang akan diberikan.
      Siswa menjawab dengan pengertian dan pengetahuan dari mereka sendiri.
    2. Kegiatan Inti :
      Guru memberikan penjelasan mengenai : arti seni teater secara luas dan sempit.
      Siswa mendengarkan, menyimak, mencatat dan memberikan pertanyaan seputar materi yang diberikan oleh guru.
    3. Kegiatan Akhir :
      Guru memberikan kesimpulan dari semua materi yang telah diberikan.
      Guru memberikan tugas / tes kepada siswa seputar materi yang diberikan.
      Siswa menyimak kesimpulan yang diberikan oleh guru.
      Siswa mengerjakan tugas / tes yang diberikan oleh guru
  3. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
    Buku Dramatugi, (RMA, Harymawan), CV. Rosda, Bandung, 1988.
  4. Penilaian :
    Soal yang akan diberikan ke siswa seperti :

    1. Jelaskan arti seni teater secara luas ?
    2. Jelaskan arti seni teater secara sempit ?
    3. Sebutkan formula dramatugi ( 4 M ) ?
    4. Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi demi kelangsungan kehidupan drama ?
    5. Sebutkan 4 ( empat ) macam kekuatan dasar ?

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Incoming search terms: