JakartaMohon informasi cara membasmi dan mencegah virus #Recycel.bin yang selalu ada dan tidak pernah bisa dihapus?

(Prawatya Wardyatmoko, Pria, 54Th)

Jawaban [Vaksincom] :

$RECYCLE.BIN sebenarnya itu bukan virus, $RECYCLE.BIN adalah direktori yang diciptakan oleh Windows untuk menampung sementara file-file yang anda hapus di komputer.

Jadi sebenarnya jika anda menghapus (Delete) file di Windows, file tersebut tidak langsung dihapus tetapi ditempatkan dahulu di Recycle Bin (Tempat sampah). Tujuannya adalah untuk menjadi backup / cadangan jika sewaktu-waktu anda salah hapus atau ternyata file yang anda hapus anda butuhkan kembali.

Untuk memastikan bahwa file yang anda hapus benar-benar hilang dari Recycle Bin, anda dapat melakukan klik kanan di [Recycle Bin] dan pilih [Empty Recycle Bin]. File tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi walaupun di tangan orang yang ahli, file yang sudah di hapus dari Recycle Bin sekalipun masih ada kemungkinan untuk dikembalikan sehingga anda selalu harus berhati-hati jika anda berhubungan dengan data dengan tingkat rahasia tinggi dan sensitif agar melakukan tindakan penghapusan yang tuntas seperti menggunakan tools Sdelete yang disediakan oleh Microsoft atau Tools gratis Eraser http://www.heidi.ie/eraser/.

Jika alasan anda menghapus Recycle bin karena ingin menghemat tempat di harddisk anda, anda dapat melakukan setting agar Recycle bin tidak menampung file yang dihapus dan langsung menghapus file yang anda delete.

Caranya adalah klik kanan pada [Recycle Bin] lalu pilih [Properties]. Pada menu “Recycle Bin Properties” anda pilih tombol “[Don’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted.]

Jika virus memalsukan dirinya sebagai Recycle.bin ia akan memiliki ekstensi yang bisa dieksekusi seperti “recycler.exe” atau “recycler.inf” dan biasanya hal ini diikuti dengan adanya file “autorun.inf” di direktori root.

Seharusnya jika komputer anda menggunakan program antivirus yang terupdate maka ia akan mampu memproteksi komputer dari serangan virus autorun yang memalsukan dirinya sebagai recycle bin.

Sumber : DetikINet